1.
Macam-macam
Jejaring Sosial
·
Facebook
Jejaring sosial ini memiliki 1
miliar pengguna. Terbesar di jagad raya ini untuk urusan pengguna. Facebook
bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain
di situs ini.
www.facebook.com
·
Twitter www.twitter.com
Microblogging ini memiliki setengah
miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006,
Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile.
·
Google+ plus.google.com
Google pun tergiur ikut terjun di
jejaring sosial. Kini media sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal
dengan fitur Hangout-nya.
·
Weibo weibo.com
Weibo atau Sina Weibo didirikan
Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai
Twitter-nya China.
·
RenRen renren.com
Jika AS miliki Twitter, China miliki
Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan
Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna.
·
LinkedIn linkedin.com
Jejaring sosial ini dikenal sebagai
jejaring sosial pekerja profesional. Menghubungkan antar profesional maupun
dengan brand atau perusahaan. Kini miliki 175 juta pengguna.
·
Badoo
Didirikan tahun 2006, Badoo kini
miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai social
discovery website.
·
Instagram instagram.com
Jejaring sosial ini memiliki harga
fantastis, 1 miliar dolar. Tak hanya sebuah jejaring sosial, Instagram juga
sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini miliki 100 juta pengguna
·
Yelp
Yelp sering disebut jejaring sosial
berbasis lokasi. Pengguna tak jarang mendapatkan rekomendasi lokasi dari
jejaring sosial ini. Saat ini miliki 84 juta pengguna
·
Tumblr
Jejaring sosial ini masuk ke ranah
blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain macam WordPress maupun
Blogger. Saat ini miliki 81 juta pengguna
·
Flickr flicker.com
Situs berbagi foto ini kini miliki
75 juta pengguna. Flickr masif digunakan di kalangan pecinta fotografi.
·
Orkut
Tak banyak yang tahu jika Orkut
adalah jejaring sosial lain milik Google. Meski jumlah pengguanya tak banyak,
setidaknya mampu menarik 66 juta pengguna.
·
MySpace myspace.com
MySpace masih memiliki gaung dengan
25 juta pengguna. Kini mereka lebih fokus ke ranah social music
·
Foursquare
Jejaring sosial berbasis lokasi ini
kini miliki 25 juta pengguna. Kini jejaring sosial tersebut mampu menembus 3
miliar check-in.
·
Pinterest
Jejaring sosial ini tergolong baru.
Namun mampu menarik 25 juta pengguna saat ini. Pinterest sering disebut situs
pin online.
·
Soundcloud
Soundcloud sering disebut sebagai jejaring sosial berbasis
audio. Didirikan bulan Agustus 2007, kini jejaring sosial tersebut miliki 20
juta oengguna
·
XING
Serupa dengan LinkedIn, XING juga
kerap digunakan di kalangan profesional pekerja. Saat ini miliki 12 juta
pengguna
·
Friendster friendster.com
Sempat menjadi primadona, Friendster
kini fokus ke ranah social game. Kini Friendster miliki 8,2 juta pengguna
·
Path
Disebut sebagai smart jounal online,
Path tetap menghubungkan pengguna dengan keluarga, kerabat, dan sahabat. Saat
ini miliki 5 juta pengguna.
·
GetGlue
Miliki 3 juta pengguna, GetGlue
sempat populer di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kini namanya tenggelam
dan jarang terdengar lagi.
·
Hi5
Situs Hi5 didirikan oleh Ramu Yalamanchi pada tahun 2003. Pada tahun 2008, situs web ini masuk ke dalam 20 situs jejaring sosial yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet diseluruh dunia
Situs Hi5 didirikan oleh Ramu Yalamanchi pada tahun 2003. Pada tahun 2008, situs web ini masuk ke dalam 20 situs jejaring sosial yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet diseluruh dunia
·
Yahoo! Meme
Situs media ini dibuat oleh Yahoo! Pada tahun 2009.
Nama meme dimaksudkan sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan menarik
perhatian semua orang. Pemakaian web ini hampir sama dengan twitter pada
umumnya.
·
FUPEI
Jika anda melihat judulnya pasti
anda terkecoh karena pasti anda menebak situs ini berbau Jepang atau Cina.
Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah
kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah
situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak
untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari
booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI
yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia
merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik,
video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama
fupeis.
·
Beb
Bebo adalah sebuah situs jejaring
sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di
beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia
Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan
database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis,
German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo
diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
“Bebo” adalah kependekan dari “Blog early, blog often”.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
“Bebo” adalah kependekan dari “Blog early, blog often”.
·
Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan
2.
Fungsi
dan Manfaat Jejaring social
·
Kemampuan
Beradaptasi
Dengan jejaring
sosial siswa akan mampu belajar cara mengembangkan kemampuan teknis dan sosial
yang dibutuhkan mereka dalam menghadapi era digital sekarang ini. Mereka akan
menemukan cara beradaptasi dan bersosialisasi dengan sahabatnya di jejaring
sosial, serta kemampuan memanajemen pertemanan mereka. Hal ini merupakan materi
yang sulit untuk ditemukan dalam pelajaran di kelas, karena pada situs jejaring
sosial mereka akan di hadapkan dengan teman-teman baru yang baru saja mereka
kenal, sehingga mereka akan mencari dan belajar sendiri bagaimana cara
beradaptasi dengan teman-teman baru mereka, mencoba memahami apa yang mereka
bicarakan yang kemudian akan mengasah kemampuan mereka untuk belajar
bersosialiasi dengan ikut serta berperan dalam suatu diskusi dijejaring sosial
diantara teman-teman yang baru mereka kenal.
·
Perluasan
Jaringan Pertemanan
Pada dasarnya ini
merupakan tujuan dibuatnya jejaring sosial yang memberikan kesempatan kepada
siapa saja untuk memperluas jaringan pertemanannya dengan siapapun dan dari
negara manapun, walaupun mereka tidak pernah bertemu sebelumnya. Dengan
jejaring sosial para siswa bisa menambah jaringan pertemanannya tanpa harus
bertemu langsung sehingga mereka dengan mudah menciptakan suatu komunitas yang
bermanfaat bagi mereka, entah itu dalam diskusi pelajaran maupun hal-hal lain
yang bisa memberikan kontribusi positif bagi mereka para siswa.
·
Termotivasi
Dengan
terbentuknya komunitas pertemanan yang luas, ini akan mampu memotivasi para
siswa dalam mengembangkan diri dari materi atau masukan teman-teman baru mereka
yang terhubung secara online. Mereka terbentuk secara alami untuk saling
berinteraksi satu sama lain sehingga besar kecilnya diskusi yang mereka lakukan
akan menambah wawasan para siswa sebagai hasil umpan balik interaksi antar
teman. Saling melemparkan materi satu teman terhadap teman lainnya menimbulkan
sekumpulan catatan kecil yang bervariasi, inilah kekayaan materi yang hadir
secara alami dari hasil pertemanan di jejaring sosial.
·
Meningkatkan
Kepedulian
Saling sapa
didalam situs jejaring sosial secara perlahan akan meningkatkan kualitas
persahabatan, perhatian dan empati sesama teman yang saling terhubung secara
online. Sapaan kepada teman lainnya membuat teman yang disapa merasa
diperhatikan, berbagi photo, berbagi video, berbagi cerita, ini akan
meningkatkan rasa kepedulian satu sama lain walaupun mereka tidak pernah
bertemu secara nyata. Bentuk-bentuk perhatian seperti ini mampu mempererat tali
persahabatan diantara teman dalam jejaring sosial maka secara alami mereka akan
menjaga kualitas pertemanan mereka. Hal yang sederhana namun memberikan efek
yang sangat baik dalam membentuk suatu komunitas yang saling menjaga
persahabatan sesama teman.
Maka oleh karena
itu para orang tua,guru,atau siapa pun harus memberi bimbingan agar jejaring
sosial itu digunakan dengan baik dan dengan seharusnya,itu juga dapat mencegah
banyaknya penculikan melalui media jejaring sosial yang sekarang sedang banyak
terjadi. Marilah kita saling bahu membahu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
kita.
3.
Manfaat
Membuat Fans Page di Facebook
- Gratis. Ya, facebook fanpage dapat dimiliki tanpa biaya alias gratis.
- Tidak ada batasan jumlah penggemar/fans untuk sebuah facebook fanpage. Ini berbeda dengan jumlah teman sebuah akun facebook yang dibatasi pada jumlah 5.000 teman.
- Ini memberi media baru dalam berkomunikasi dengan pembaca secara spesifik karena seperti halnya sebuah akun personal, pemilik facebook fanpage dapat membuat update status yang akan muncul dalam news feed seluruh fans.
- Tampil baik di mesin pencari. Facebook merupakan sebuah website nomor 2 terpopuler di dunia menurut alexa.
- Pemilik facebook fanpage dapat membuat media pengenalan merk atas suatu produk.
- Pemilik facebook fanpage dapat mempromosikannya menggunakan fasilitas facebook lainnya seperti sponsored page untuk mendapat publisitas lebih besar.
- Pemilik facebook fanpage dapat membuat komunitas untuk tujuan atau maksud tertentu.
- Facebook fanpage merupakan salah satu media promosi untuk sebuah website.
- Berbagai foto atau video dapat diunggah ke facebook fanpage tanpa batas. Ini sangat baik untuk menunjang pencapaian tujuan melalui sebuah facebook fanpage.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar